464 total pengunjung,  1 pengunjung hari ini

Coretanpenanews.com Jepara – Tradisi sedekah bumi merupakan tradisi warisan leluhur yang digelar setiap tahun di Kecamatan Bangsri kabupaten Jepara Jawa tengah.

Akibat adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan tradisi ini harus ditiadakan selama tiga tahun. Di tahun 2022 ini, ritual sedekah bumi kembali digelar di Alun Alun lapangan sepakbola Kecamatan Bangsri.

Ditemui awak media sabtu, Sunaryo petinggi bangsri menuturkan acara rangkaian sedekah bumi di mulai kemarin
Hari jumat 24 juni 2022 Dengan acara manganan Dan doa bersama di tempat keramat desa Bangsri

Hari ini sabtu 25 juni 2022 juga Ada serangkaian acara gladi bersih di mulai Festival Mural dengan judul, “Big Bang Culture Festival, dan juga kegiatan bazar dengan menggandeng Umkm perwakilan dari masing2 Rw dari Rw 01 sampai Rw 18
Serta pentas seni.

Ditegaskan kembali oleh Kepala Desa Bangsri, Sunaryo, “Bahwa acara yang dimulai gladi bersih hari ini akan menjadi persiapan untuk pembukaan kegiatan besuk pagi yang insya Allah akan dihadiri Bupati dan Dinas terkait untuk memberikan dukungan dan support agar acara ini benar benar menjadi rangkaian kegiatan yang menumbuh kembangkan potensi Desa Bangsri akan budaya lokal warisan leluhur.  Salah satunya dikenal dengan merangkai janur untuk hiasan “Penjor”

Puncaknya acara ini akan diadakan acara wayangan yang bertempat di rumah petinggi bangsri Sunaryo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *