FORKOMBES Menyebut Dirinya Sebagai Wadah Pemersatu Ormas Se-Kota Semarang

Coretanpenanews.com Semarang – Berbagai Organisasi Kemasyarakatan kemarin mengadakan perundingan dan musyawarah dalam rangka membentuk suatu Forum Komunikasi antar ormas yang ada di seluruh wilayah Kota Semarang dengan nama Forum Komunikasi Ormas Bersatu Semarang (FORKOMBES) yang diadakan pada tanggal 6 November 2022 di Cafe Banaran Mugas Semarang. (11/22)

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan petinggi ormas yang ada di Kota Semarang yang tidak mau disebutkan identitasnya kepada awak media saat pers conference kemaren. Salah satu dari mereka menjelaskan tentang apa Itu FORKOMBES dan apa perannya nanti untuk kemajuan Kota Semarang dari segi kegiatan keormasan atau kepemudaan yang ada di Kota Semarang.

FORKOMBES merupakan forum komunikasi yang dibentuk di Kota Semarang dari gabungan beberapa organisasi masyarakat yang fungsinya adalah sebagai wadah aspirasi dari para ormas dalam penyampaian progam dan kegiatan kepada pemerintah dalam hal ini adalah Kesbangpol Kota Semarang serta bisa menjadi fasilitator dari ormas kepada pemerintah Kota Semarang.

Di Kota Semarang sendiri sebetulnya sudah ada forum komunikasi yang serupa yang sudah lebih dulu muncul dan berdiri yaitu ada Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB) yang sudah bekerjasama dengan Kesbangpol Kota Semarang.

menurut salah satu anggota dari FORKOMBES mengatakan bahwa FKSB yang selama ini sudah berjalan kurang memfasilitasi atau mengakomodir visi misi dari berbagai ormas yang ada disemarang.

“Ya menurut saya sendiri karena banyaknya ormas yang ada disemarang terkadang FKSB belum bisa secara penuh untuk memfasilitasi aspirasi atau program yang diajukan oleh ormas-ormas yang tergabung di Kesbangpol Kota Semarang, untuk itu kami hadir sebagai bentuk semangat saling membantu untuk kemajuan kepemudaan dan keormasan yang ada di Kota Semarang.”ungkapnya.

FORKOMBES dengan logo lingkaran yang didalamnya ada segilimanya memiliki arti sebagai berikut:
1. Logo bintang melambangkan bahwa organisasi ini berazaskan Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Logo Tugu Muda berarti mengartikan bahwa Forum/Organisasi ini berkedudukan di Kota Semarang.
3. Logo padi melambangkan kemakmuran untuk Individu atau organisasi yang tergabung didalam forum komunikasi ini.
4. Logo segi 5 dan warna bendera merah putih ini melambangkan bahwa segala kegiatan yang nanti dibuat oleh forum komunikasi ini berdasarkan UUD dan PANCASILA.

Berdasarkan wawancara kepada pimpinan FORKOMBES, dirinya mengatakan bahwa Forum ini tidak dibuat sebagai saingan dari forum komunikasi yang sudah ada di Semarang, tetapi justru adanya FORKOMBES ini akan menambah kekuatan di Kota Semarang untuk merangkul dan memberdayakan program-program setiap Ormas yang tergabung.

“Forum ini saya buat tidak akan untuk bersaing dengan forum lain tetapi justru kita akan melakukan dengan sinergitas dengan forum komunikasi yang sudah dulu terbentuk. Atau mungkin bisa juga diantara kami (anggota FORKOMBES) bisa bergabung juga di Forum lain yang sudah dulu terbentuk dan menjadi bagian terpenting di forum tersebut.” Tegasnya.

seluruh anggota yang tergabung dalam FORKOMBES berharap dengan adanya Forum komunikasi ini akan menjadi wadah yang besar dan kuat dalam bekerjasama dengan berbagai ormas yang ada dikota semarang tanpa memandang ormas dari segi manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *