Img 20240125 Wa0068

Coretanpenanews.com – Pati Jateng.

Sidang pada Pengadilan Negeri Pati Kelas 1A, berdasarkan perintah Hakim Pengadilan Negeri Pati yang memeriksa dan mengadili perkara Perdata Nomor : 73/Pdt.G/2023/PN.Pti. telah memanggil EC sebagai Pihak Tergugat.

Relaas Surat Sidang yang disampaikan oleh Juru Sita Pengganti Pengadilan Negeri Kelas 1 A Pati tersebut, diterima EC pada (19/10/2023) lalu. Berikut hasil investigasi, Kamis (25/1/2024).

EC selaku tergugat menyampaikan, “Gugatan yang ditandatangani kuasa berdasarkan surat kuasa yang tidak memenuhi syarat yang diatur dalam perundang-undangan jelas cacat formil, yaitu gugatan yang tidak memiliki dasar hukum yang jelas dan sah,” ujarnya.

EC juga menjelaskan, “Pelapor, Sanaji yang memberikan kuasa kepada Sugiyanto SH, Moh Mujib SH. dkk, dalam hal ini tergugat 1 (pertama) PT Rumpun Sari Antan (RSA) dan tidak melibatkan Andi Nurul Huda selaku Direktur Utama sebagai tergugat,” jelas EC.

Ia juga menambahkan, “Kuasa Hukum saudara Sanaji seharusnya jeli dalam menentukan Urutan para Tergugat dan Turut Tergugat. Para pihak sendiri dan atau kuasa hukumnya yang harus seksama dan cermat menentukan kualifikasi pihak-pihak dalam suatu perkara. Siapa yang seharusnya menurut hukum duduk sebagai Tergugat dan Turut Tergugat,” Imbuhnya.

Gugatan wanprestasi di Pengadilan Negeri (PN) Pati yang dilakukan Sanaji warga desa Sumur RT 18 RW 04 terhadap PT RSA yang berkantor di jalan menuju desa Karangsari RT 02 RW 01, desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Jawa Tengah dan tergugat 2 EC alamat desa Karangsari Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati sampai hari ini masih berjalan.
Img 20240125 Wa0067

Besuk pagi, Jumat (26/1/2024) akan dilanjutkan Sidang Pemeriksaan Setempat (PS) Sidang ini sebagai bagian untuk menemukan alat bukti.

Adapun gugatan wanprestasi tersebut berdasarkan hal hal yang menyangkut kerja sama sewa lahan tanam musim tanam Oktober 2021 sampai Oktober 2022 dan Oktober 2022 sampai Oktober 2023.

Sementara itu, EC sudah memenuhi semua ketentuan administrasi dan mendapatkan kontrak sewa lahan dengan PT RSA serta memberikan kontribusi dengan membangun berbagai sarana dan prasarana sesuai kebutuhan masyarakat desa Karangsari.

Tak hanya itu, atas perintah Andi, saudara EC juga sudah mengeluarkan dana talangan sesuai permintaan Andi selaku Manager Utama PT RSA untuk melunasi gaji karyawan yang seharusnya menjadi tanggungan pihak PT RSA.

Ditempat terpisah, Kusriyanto SH, MH selaku Kuasa Hukum EC, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, ” Dalam hal ada lebih dari satu Tergugat, maka untuk menentukan siapa Tergugat I, Tergugat II dan seterusnya harus melihat pada derajat perbuatan dan pertanggungjawaban masing-masing Tergugat. Tapi, derajat perbuatan dan pertanggungjawaban diantara para Tergugat tidak terlalu jauh perbedaannya,” kata Kusriyanto.

“Diperlukan kehati-hatian, terutama Hakim dalam memeriksa perkara, jika pihak itu menguasai objek sengketa, apakah dengan atas hak atau tidak, secara melawan hukum atau tidak,” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *